PENANGANAN HAMA KUTU MERAH PADA TERNAK CACING

Salam sahabat omahcacing.com.  Peternakan cacing begitu unik dibanding dengan peternakan yang lain dimana peternakan yang lain pada umumnya dijauhkan dari kotoran atau sampah atau bakteri atau bahan pakan yang busuk.  Tetapi tidak begitu pada peternakan cacing tanah khususnya jenis lumbricus rubellus, dimana pada peternakan cacing ini begitu dekat dengan yang namanya sampah, bahan organik busuk, bakteri dan kotoran hewan.  Selain itu pada sektor peternakan lain kita banyak jumpai  penyakit atau hama yang menyerang hewan ternak akan tetapi pada ternak cacing sedikit kita jumpai hama atau penyakit.  Walaupun hama tidak bisa dihindari, tetapi pada kondisi normal hama bukan merupakan ancaman bagi peternakan cacing.

Sering saya mendapat pertanyaan khususnya dari peternak pemula tentang bagaimana cara mengatasi atau membasmi kutu merah tersebut.  Mari sahabat omahcacing.com kita langsung saja berbagi mengenai langkah mengatasi hama kompetitor ini.  Pada dasarnya kutu merah/orange ini tidak memangsa cacing kita, keberadaan mereka adalah termasuk kompetitor pakan pada ternak cacing tetapi mereka kadang juga memakan cacing yang luka, sakit atau mati. Pada keadaan normal keberadaan mereka akan kalah dengan si cacing dimana cacing yang aktif akan mampu mendominasi media dalam hal populasinya.  Bilamana keberadaan kutu tanah ini semakin banyak, hal ini merupakan indikator adanya masalah dengan cacing.

Untuk mengatasi kutu tanah ini kita dapat melakukan beberapa langkah diantaranya adalah :

  1. Mengambil secara manual kumpulan kutu tanah yang nampak, mungkin di pinggir media atau yang sedang memakan cacing yang mati.
  2. Memberikan umpan pakan yang disukai kutu tanah ini misalnya irisan buah. Kita letakkan irisan-irisan buah tadi pada media budidaya pada sore hari, pada pada keesokan harinya kita akan melihat banyak kutu tanah mengerubungi buah, mereka lagi berpesta buah hahahahah, kita tinggal mengambil buah yang banyak kutunya tadi dan membuangnya atau bisa diberikan pada ikan utk jadi santapan atau snack :D.
  3. Bilamana keberadaan kutu tanah ini sudah amat sangat banyak dan mendominasi media maka cara yang praktis dan efektif adalah melakukan pergantian media budidaya sehingga cacing bisa lebih aktif kembali.

Itulah sahabat omahcacing.com, beberapa langkah yang dapat kita lakukan dalam menanggulangi kutu tanah ini.  Tetap semangat ya, hambatan-hambatan yang para sahabat omahcacing.com hadapi adalah merupakan perangkat yang sangat berguna dalam budidaya cacing untuk kita mencapai kesuksesan dalam budidaya cacing.  Hal yang seringkali terjadi adalah para peternak “mudah menyerah” dalam menghadapi tantangan yang ada.  Salam sudacing (Sukses Dari caCing).

 

(Hartadi)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo!

Kami sangat senang bisa membantu Anda. Silahkan menghubungi kami dengan klik kontak di bawah ini ya!

× Ada yang bisa kami bantu?