PEMBUATAN EM4

Hai sahabat, masih bersama mitra penulis OC.  Kita telah sampai di penghujung proses kita yaitu proses pembuatan EM3 menjadi EM4 dimana kita sebelumnya telah belajar membuat EM1, EM2.    Oke tidak pakai basa basi lagi yuk kita cek seperti bagaimana sih cara prosesnya…..

Bahan-bahan :

  1. Cairan EM3 yang telah di saring.
  2. Wadah pemrosesa (bisa jerigen, ember, dll) yang bisa ditutup rapat.
  3. Selang kecil
  4. Botol bekas air mineral
CAIRAN EM3

Cara Pembuatan :

  • Kita persiapkan wadah pemrosesan, dimana saat ini kita akan menggunakan jerigen dalam pemrosesannya. Lubangi tutup jerigen sebesar selang yang telah tersedia, usahakan selang dapat masuk dengan rapat.
  • Seal sekitar selang agar tidak ada celah sehingga udara luar tidak bisa masuk kedalam jerigen.
  • Lubangi tutup botol bekas air mineral sebesar selang tadi, tidak perlu rapat.
  • Masukkan cairan EM3 kedalam jerigen dan ditutup rapat.
  • Isi botol bekas air mineral tadi dengan minimal setengahnya, agar ujung selang dapat terendam.
  • Masukkan ujung selang pernafasan dari jerigen kedalam botol bekas air mineral sampai ujung selang masuk kedalam air. Dalam proses nanti, akan banyak mengeluarkan gas, dan gas ini akan keluar kedalam botol melalui air akan tetapi udara luar tidak dapat masuk kedalam jerigen, sehingga proses tidak terkontaminasi bakteri luar.  Dengan adanya selang pernafasan ini, kita tidak perlu lagi buka-tutup penutup jerigen.
  • Biarkan proses selama minimal 1 minggu, dengan setiap hari kita goyang-goyang jerigen agar proses dapat berjalan merata.
  • Untuk lebih sempurna lagi proses dilanjutkan sampai 2 bulan. Dimana setelah 2 bulan, bakteri akan dalam kondisi dorman, sehingga cairan bisa kita botolkan tanpa kuatir botol akan meledak.

Nah, begitulah kawan ending dari proses pembuatan EM4, mudah bukan.  Kami tidak lupa mengucapkan buanyak terimakasih pada om Noto yang telah mengajarkan bagaimana cara pembuatan MOL dengan bahan-bahan yang mudah kita dapatkan di sekitar kita ini.  Kiranya postingan berseri ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa dalam postingan-postingan kita berikutnya.  Tetap berkarya dan tetap semangat menjalani kehidupan ini khususnya dalam berbudidaya cacing.  Salam

(By Pakdhe)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo!

Kami sangat senang bisa membantu Anda. Silahkan menghubungi kami dengan klik kontak di bawah ini ya!

× Ada yang bisa kami bantu?