Halo sahabat OC

Jumpa lagi dengan kami, mitra menulis.   Kali ini kita akan belajar bersama tentang seberapa pentingkah pengunggaran dan atau pembalikan media serta penambahan media baru pada kandang sistem media tipis.

Kandang sistem media tipis

Yuk cekidot…Salah satu tujuan pengunggaran adalah untuk menjaga agar media tetap gembur selain itu juga agar sirkulasi O2, kelembaban, dan sebaran biomas tetap terjaga dengan baik. Untuk itu pengunggaran sangatlah penting dalam praktik budidaya cacing, khususnya sistem kandang media tipis. Namun bagaimana dan kapan waktu yang tepat melakukan pengunggaran dan penambahan media baru juga harus kita perhatikan dan tidak asal mengunggar setiap saat dengan kata lain setiap kita ingin dan mau atau bahasa gaulnya sak karepe dhewe.

Untuk kandang sistem media tipis idealnya pengunggaran dan penambahan media baru dilakukan setiap satu minggu sekali (pada kondisi kandang yg standar dan tidak perlu perlakuan khusus), karena apa kawan??? Dalam kurun waktu 1 minggu, kondisi media baru pada umumnya mulai habis, sudah banyak kascing selain itu dalam kondisi media yg cenderung basah akan memungkinkan memadatnya media yang berada dibagian bawah, dan untuk itulah perlu dilakukan pengunggaran.

Media budidaya cacing

Biasanya sering kali dialami oleh pembudidaya pemula, diawal mereka mulai budidaya karena saking semangatnya, mereka cenderung lebih suka ngumek ngunggar-unggar sak senenge dewe, dan itu juga pernah saya lakukan diawal-awal budidaya, so wajar. Tapi finally kita harus tetap memperhatikan apa yang boleh, apa yang harus dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Kemudian apa sich akibat kalau kita terlalu sering mengunggar kandang/media semau kita sendiri dengan tedak memperhatikan jadwal dan kondisi kandang, cacing akan mudah stres, akibat terganggunya rumah mereka karena kontak dengan tangan kita yang terlalu sering dan terganggunya acara kopulasi mereka sehingga mempengaruhi reproduksi mereka, lagi asih pacaran, eeeh….. kita obrak abrik. Akibat lain yang akan ditimbulkan adalah lebih bercampurnya kascing dan media baru atau belum menjadi kascing yang nantinya akan menyulitkan kita dalam mengambil kascing, karena media yang belum jadi kascing akan ikut terambil dan ikut terbuang alhasil mubazir dan eman-eman kan kawan.

Begitu pula sebaliknya, apabila kita jarang atau tidak melakukan pengunggaran/pembalikan media dan penambahan media baru.  Media budidaya akan memadat dan sebagian besar sudah berupa kascing, berikutnya cacing akan menurun keaktifannya dan keracunan dari kotorannya sendiri sehingga pada akhirnya cacing akan kurus dan bahkan almarhum…..ngeri kan kawan, jangan sampai ya hal ini terjadi.

Cacing ANC

Begitulah kawan dan akhirnya tetap semangat ya kawan, budidaya cacing itu mudah dan murah. Tetap upgrade ilmu dan perbanyak pengalaman kita ya dan jangan lelah untuk terus bermanfaat, entah itu untuk diri sendiri atau untuk orang lain.

(By 3as tiwi)